13 Dokter Utusan IKAFAKED UKI & RAPERNAS Lakukan Pengobatan gratis di Sabu-Raijua.

 

SABU-PENA NTT, Paska badai seroja, Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran (IKAFAKED) Universitas Kristen Indonesia (UKI), bekerja sama dengan Rumah Perjuangan Nasional (RAPERNAS) ikut peduli terhadap bencana di NTT dengan mengirim 13 dokter ke Sabu Raijua dan 4 dokter ke Rote Ndao untuk lakukan pengobatan gratis terhadap warga terdampak.

Read More

Sesuai Realese yang di terima media ini, Rabu,28/04/2021 dari Korlap sabu raijua, Yenny Nofliani, IKAFAKED UKI & RAPERNAS, sejak tanggal 20 April 2021, sudah melakulan pengobatan gratis di wilayah Kab. Sabu Raijua.

Tim dokter yang diketuai oleh Dr. dr. Sudung Pardede dan dr. Esther Situmeang, Sp.A, ini melakukan pengobatan di Kab Sabu Raijua pada hari pertama di Kec. Hawu Mehara selama 4 hari dari tanggal 20 s/d 23 April 2021.

Kegiatan ini berlanjut dilaksanakan di 6 Kecamatan yaitu, Sabu Mehara, Sabu Liae, Sabu Timur, Sabu Tengah bersamaan dengan Raijua dengan 4 orang dokter, dan Sabu Barat dengan durasi tiap kecamatan selama 2 hari.

Pengobatan/Pelayanan Kesehatan selanjutnya di kecamatan Sabu Timur yang dilakukan pd tgl 25-26 April 2021yang di pusatkan di Aula Kec. Sabu Timur. dan di lanjutkan di 3 kecamatan lainnya Sabu Tengah, Raijua, dan Sabu Barat dengan durasi tiap kecamatan selama 2 hari.

Dalam pelayan kesehatan penyakit terbanyak : Stunting, ISPA, Hipertensi, dislipidemia, Osteoarthritis pada lansia, Low Back Pain, Asam urat, Cephalgia, dan dermatitis, kurang gizi, serta Terdapat juga beberapa kasus seperti suspect hipertiroid dan pembesaran kelenjar limfe yang perlu tatalaksana lebih lanjut di Kupang.

Kendala dalam pelayanan adalah  jarak rumah yang jauh informasi tidak sampai, Takut Pemeriksaan Corona, Listrik belum menyala, Dengan kedatangan Dokter mereka merasa terhibur secara psikologis karena sudah datang dari jauh sampai ke Sabu Raijua.

Dokter Utusan yang bertugas di Sabu Raijua adalah dr. Joserio P. Saragi, dr. Rine Rahmatia Safitri, dr. Debora Prameswari, dr. Roby Bagasworo, dr. Medyauli Trianardi, dr. Intan Rahmi Nasya, dr. Zaneta Rianetha Latuheru, dr. Wina Sophia Ngantung, dr. Odithio Ananta Prawira, dr. Helga Juanita, dr. Haryadi, dr. Tasya Claudia, dr. Eriza Luthfansyah Sedangkan 4 dokter di Rote Ndao adalah, dr. Maurin Asyita Pamuji, dr.Lusiana Tasya, dr. Monica Salim, dr. Ni Made Galuh Ayu.

Direncanakan kegiatan di Sabu dan rote berakhir tanggal 03/05/2021.JQ

Related posts