“”Berkedok koperasi, bantuan BPUM 2.4 juta diduga di potong Oleh Koperasi Bintang Rajawali Sejati”

  • Whatsapp

“”Berkedok koperasi, bantuan BPUM 2.4 juta diduga di potong Oleh Koperasi Bintang Rajawali Sejati””

ROTE NDAO-PENA NTT- Bantuan Presiden untuk usaha Mikro(BPUM) sebesar Rp.2.400.000,- tahap 3 di tahun 2021 akan segera cair tapi menyebabkan trauma warga yang pada Tahun 2020 belum di selesaikan  oleh lembaga pengusul dalam hal ini Koperasi Bintang Rajawali Sejati.

Bacaan Lainnya

Sesuai regulasi ada lembaga pengusul bantuan mikro tersebut tanpa di pungut biaya seperti Dinas Koperasi setempat, Bank BRI, Pegadaian dan Koperasi yang berbadan hukum kementrian sebagai lembaga pengusul.

Khusus di Rote Ndao ada lembaga Pengusul seperti Koperasi Bintang Rajawali Sejati sejak Tahun 2020 banyak mengusul penerima tapi ada unsur paksaan dan di paksa menjadi anggota Koperasi serta di pungut biaya.

Banyak orang yang tergolong usaha mikro sejak Tahun 2020 mendaftar lewat Koperasi Bintang Rajawali Sejati di bawah pimpinan Welem Paulus di wajibkan menyetor Rp.150.000,- s/d Rp.1.200.000,- sebagai simpanan wajib dan di wajibkan sebagai anggota Koperasi.

Buntut persoalan tersebut orang Yang mendaftar ke Koperasi Bintang Rajawali Sejati untuk bantuan Mikro yang sudah cair Tahun 2020 di lakukan Penagihan  dan peringatan ke Peserta yang mendaftar lewat Koperasi untuk menyetor Uang RP.400.000,- Ke Koperasi sebagai tandan anggota.(surat terlampir)

Ironisnya lagi surat Penagihan tersebut tembusan ke Polsek dan Lurah setempat, membuat tanda tanya public ada apa kok koperasi tagih uang yang bukan hak dia dengan surat tembusan ke Polsek dan Lurah???

Pemilik Koperasi Bintang Rajawali Sejati Welem Paulus Ketika di hubungi media ini mengatakan bahwa saya sebagai pengurus Koperasi punya aturan Koperasi jika tidak mau dipotong uang menjadi anggota Koperasi silakan daftar ke Dinas Koperasi.

Ketika di tanya terkait kenapa harus melakukan penagihan kepada orang yang bantuan sudah cair tapi tidak setor kok di tagih dan di beri peringatan? bahkan ada tembusan juga ke Lurah dan Kapolsek dengan nada emosi beliau mengatakan silakan telusuri sendiri di situ, bukan urusan saya.

Perlu di ketahui bahwa Bantuan BPUM buat usaha Mikro di Kabupaten Rote Ndao menuai Polemik, Sesuai Regulasi Lembaga Pengusul Adalah Dinas Koperasi setempat, Bank BRI, Pegadaian dan Koperasi yang berbadan Hukum, DAN TIDAK DI PUNGUT BIAYA APAPUN tetapi di Rote Ndao ada dugaan Pungutan Oleh Koperasi Bintang Rajawali terhadap Pelaku Usaha Mikro sebesar 150 rb sampai dengan 1,4 juta dengan berkedok Koperasi. JQ

Pos terkait