Keluhan Warga Desa Batefalu Korban Badai Seroja Tak Kunjung Ditepati, Kades Beralasan Itu Karena Tidak Terdeteksi Alat.

  • Whatsapp

Foto : Dominggus Beten warga RT.006, RW.004 Dusun Batula, Desa Batefalu yang rumahnya mengalami kerusakan berat

PENANTT-ROTE NDAO. Warga Desa Batefalu, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao-NTT yang rumahnya rusak diterjang badai Seroja awal bulan April 2021 lalu, hingga saat ini belum juga mendapat bantuan yang dijanjikan pemerintah Desa setempat dengan alasan karena tidak terdeteksi oleh alat pendeteksi di tingkat Kabupaten.

Bacaan Lainnya

Hal ini dikatakan wakil Ketua BPD Desa Batefalu Johans Paulus Beten ketika di mintai keterangannya terkait persoalan ini di Desa Batefalu pada Jumat, (13/8/2021), sekitar pukul 18:25 WITA.

Dia menjelaskan, ada beberapa warga Desa Batefalu yang rumahnya mengalami dampak kerusakan berat akibat dari terjangan badai Seroja dan sudah didata langsung oleh aparat Desa setempat dan juga kepala Desa Gerson Dava, namun diduga dana bantuan yang diberikan salah sasaran karena bukan diberikan kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan, malah diberikan kepada warga yang rumahnya tidak mengalami kerusakan apa-apa.

“Persoalan ini sudah saya sampaikan ke ketua BPD Agusten Johanis Medah dan kami sudah rapat, tapi Kepala Desa bilang itu data dari atas, kata Kades setelah mereka pergi cek di Kabupaten, petugas Kabupaten memasang lagi alat sehingga warga yang namanya tidak terdeteksi alat tidak dapat bantuan, nama-nama mereka yang tidak dapat yaitu Dominggus Beten, Jorhans Dava, Februs Beten dan Riyan Junus,” kata Johans Paulus Beten wakil Ketua BPD.

Dominggus Beten warga RT.006, RW.004 Dusun Batula, Desa Batefalu yang rumahnya mengalami kerusakan berat dan tidak diberikan bantuan kepada Penantt mengatakan, rumahnya di data oleh perangkat Desa setempat dengan kategori rusak berat, namun dirinya berkecil hati ketika diberitahu oleh Ketua BPD Agusten Johanis Medah dirinya tidak mendapat bantuan.

“Saya berkecil hati ketika saya diberitahu Ketua BPD Agusten Johanis Medah minggu lalu katanya saya tidak dapat bantuan, namun mirisnya kok ada warga yang bernama Oktovianus Nalenan rumahnya tidak mengalami kerusakan tapi diberikan bantuan Seroja, mereka sudah buka nomor rekening termasuk Oktovianus Nalenan,” ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Februs Beten, ia mengatakan, dirinya sudah mendengar bahwa bantuan bagi korban badai Seroja di Desa Batefalu sudah ada namun dirinya tidak mendapat bantuan tersebut.

“Kepala Desa Gerson Dava yang datang langsung untuk mendata rumah saya, selama ini kan mereka sampaikan ke saya katanya nama saya sudah terdaftar masuk kategori rusak berat, bapa Desa bilang dari Kabupaten sampaikan nama saya tidak terdaftar lagi, tapi kok orang yang tidak kena badai Seroja saja bisa terima, kami sudah protes tentang hal ini tapi mereka bilang itu dari atasan,” kata Februs Beten.

Kepala Desa Batefalu Gerson Dava ketika dkonfirmasi Via selular di nomor 081281971xxx terdengar masuk namun tidak merespon panggilan.

Hingga berita ini diturunkan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rote Ndao Diksel Haning belum berhasil ditemui untuk dikonfirmasi.(PN.02/tim PN).

Pos terkait