Ketua DPD-RI LaNyalla Mattalitti dan Rombongan Kunjungi Nusak Termanu di Rote Ndao.

  • Whatsapp

ROTE NDAO-PENA NTT, Ketua DPD-RI Haji. A.A. LaNyalla M. Mattalitti, Beserta Rombongan mengunjungi Nusak (kerajaan-red) Termanu, di Kecamatan Rote Tengah Kabupaten Rote Ndao, Sabtu 28/08/2021 sekitar  Pukul 09.00.Wita.

Rombongan dari DPD-RI dan Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) ini tiba di Rote Ndao dengan menggunakan Helli Milik Dimonim Air dan Mendarat di Batu Termanu.

Bacaan Lainnya

Kunjungan beberapa Senator dan MAKN ini dengan tujuan melihat lebih dekat Kerajaan termanu, dan menandai di mulainya Konservasi Nusak Termanu, dan Restorasi Istana Uma Batu milik kerajaan Termanu.

Kunjungan para senator dan rombongan diawali dengan ziarah Ke Kuburan Raja Termanu dan beberapa Kuburan leluhur dari warga termanu di bilangan kel. Onatali Kec. Rote Tengah Kab Rote Ndao, dan di lanjutkan dengan acara seremonial terkait Konservasi Nusak Termanu, dan Restorasi Istana Uma Batu Milik kerajaan termanu, Sekaligus Pemberian Nama Halaik kepada LaNyala Mattalitti dengan Nama Napu Funu (Pelindung Besar)

Dalam sambutan Ketua DPD-RI menyampaikan terima kasih atas pemberian gelar kepada saya, sekaligus pengangkatan saya sebagai anggota kehormatan Dewan Adat Kerajaan Nusak Termanu. Ini suatu kehormatan yang luar biasa,”

Senator asal Jawa Timur itu kemudian menyinggung terkait kehadiran sebanyak 43 Raja dari berbagai wilayah Indonesia saat pelantikan Vicoas Amalo sebagai Raja Termanu pada 2019 silam.

Menurutnya, momentum tersebut sebagai pertanda tingginya nilai khazanah budaya daerah di NTT.

Lebih lanjut, ia juga meminta masyarakat di daerah ini agar mengelola segala wujud kebudayaan Indonesia, baik berupa budaya benda dan non benda.

Seteleh kegiatan seremonial Ketua DPD-RI Tumpangi Mobil dengan Nopol RI 7 menuju Dusun Ho desa Suebela Kec. Rote Tengah untuk meninjau Lahan Kebun Sorgum Holly Farm, sekaligus melakukan penanaman perdana sorgum.

Ikut dalam rombongan Ketua DPD-RI, Senator Asal NTT, Anjelius Wake Kako, senator asal Aceh H. Fachrul Razi, senator asal lampung Bustami Sainudin, senator asal Banten, Habib Ali Alwi, senator asal Sulawesi Selatan Andi Iksan, Sekjen MAKN Hj. Yani Wage Sulistyowati, staf Khusus para Senator Serta raja raja yang tergabung dalam MAKN.(PN.01/tim)

Pos terkait