Lagi Lagi Lurah Namodale Ukir Prestasi. dalam tempo 90 Hari selesaikan Pembangunan 10 RLH.

  • Whatsapp

Foto: Lurah Namodale Marthen Ch Mandala,A.Ma,SH. (dokPenantt.com)

ROTE NDAO-PENA NTT, Lurah Namodale Marthen Ch Mandala, A.Ma,SH, sejak di lantik beberapa waktu Lalu selalu membuat terobosan dan mengukir Prestasi dalam penyelesaian Program Kerja di tingkat Kelurahan.

Bacaan Lainnya

Prestasi Lurah tersebut salah satunya di buktikan dengan pekerjaan Rumah Layak Huni (RLH) sebanyak 10 unit yang diserah terimakan Kepada penerima Oleh Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M Saek, SE, M.Si Mewakili Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bulu,SE Sabtu, 25/09/2020,

Kegiatan peresmian dan penyerahan RLH tersebut dipusatkan di  rumah Bapak Stevanus L Tomasui, RT.10/RW 4, Lingkungan 3 Kelurahan Namodale Kec. Lobalain.

10 penerima RLH adalah Yuvensius Mbele, Apris Tulle, Stevanus L Tomasui, Yulius Nggadas, Aldri Melki L Messakh, Simon Fattu, Muhamad Bahdarudin, Maria Telda Fanggidae, Deky Fanggidae, dan Maria Pah.

Dalam acara seremonial ini pun para penerima yang di wakilkan oleh Stevanus Tomasui, mengucapkan banyak terima Kasih Kepada Pemda Rote Ndao, Camat Lobalain dan Lurah Namodale serta perangkatnya atas program RLH ini, dan semoga akan terus berkesinambungan di tahun tahun akan datang, karena sangat bermanfaat dan membantu.

Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek, SE.M.Si Ketika di minta tanggapan di sela sela kegiatan mengatakan bahwa, Program Bantuan Rumah Layak Huni Adalah Program Strategis Pemda Rote Ndao yang mana telah di rencanakan di dalam RPJMD Bupati Rote Ndao dan Wakil Bupati Rote Ndao, Masa Bhakti 2019-2024, untuk menjadikan Rumah  Tidak Layak Huni menjadi Rumah Layak Huni.

Wakil Bupati saat sambutan dalam acara peresmian dan serah terima RLH

Masih menurut Wakil Bupati, Program ini akan terus berkelanjutan sampai 2024, sesuai masa bhakti Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao.  Bahkan saya apresiasi Lurah Namodale, dengan waktu singkat sudah mampu selesaikan Pekerjaan Ini.

“Semoga masyarakat penerima merasa nyaman tinggal di rumah yang lebih layak dari sebelumnya” pungkas wakil Bupati yang juga mantan Kadis Pertanian Kab.Rote Ndao ini.

Sedangkan Lurah Namodale Marthen Ch. Mandala, A.Ma, SH, mengatakan bahwa sebenarnya kegiatan Peresmian dan Penyerahan RLH ini langsung di resmikan dan di serahkan oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bulu, SE tetapi Beliau berhalangan hadir karena ada Kedukaan Di Kupang sehingga di wakilkan kepada Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M Saek, SE,M.Si

Lurah pun mengungkapkan bahwa Program RLH ini di biayai dari DPA Kelurahan Namodale sebesar. Rp.330.000.000,- untuk 10 unit rumah, sehingga masing masing rumah mendapat 33 juta dalam bentuk bahan bangunan, bukan Uang Cash.

Rumah warga yang tergenang air akibat meluapnya air pada drainase

Memang banyak kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan Pembangunan RLH ini, karena masih banyak rumah di wilayah kelurahan Namodale yang belum layak, dan semua ingin di dahulukan, tapi saya tetap gunakan Skala prioritas, Pemerataan di setia RT, dan Pendekatan persuasif terhadap semua calon penerima, Ucap Lurah yang pernah menjadi Komisioner KPU ini.

Bahkan Lurah tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan Sekretaris LPM, seluruh Staf dan para RT/RW dan Ketua lingkungan atas kerja sama sehingga program ini berhasil dengan baik.

Acara penyambutan

Ditempat terpisah Kadis PMD James M.K.Therik,SH ketika diminta tanggapannya mengatakan bahwa, kita Harus apresiasi Lurah Namodale dalam pelaksanaan program kerja di tingkat Kelurahan, karena setau saya ini Kelurahan atau desa pertama dalam Tahun Anggaran 2021 yang sudah serah terima RLH, ada kelurahan/desa yang masih 30 Prosen, ada yang 70%, dan memang ada yang sudah 90%, tapi Namodale sudah serah terima dan harus di apresiasi, ungkap kadis singkat.

Pantauan media ini, acara peresmian dan serah terima RLH Ini cukup meriah dan tetap kedepankan Protokol kesehatan Covid-19, seperti ada penyambutan secara adat dan tari tarian.

Bahkan ketika Wakil Bupati melakukan peninjauan terhadap rumah rumah yang sudah di bangun di temukan selokan di RT.8 yang jebol akibat hancurnya saluran irigasi di wilayah sebelah kali dan Wakil Bupati Berjanji akan diperbaiki lewat dana Pemda agar penyaluran irigasi bisa normal dan rumah warga tidak tergenang.

Selokan yang meluap akibat drainase yang hancur

Hadir dalam kegiatan serah terima ini, Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M Saek, SE,M.Si, Camat Lobalain Nuzry Zacharias,SE, Lurah Namodale Marthen Ch Mandala,A.Ma, SH, Ketua dan Sekretaris LPM serta seluruh RT/RW dan Ketua Lingkungan di wilayah Kelurahan Namodale.

Diberitakan sebelumnya prestasi yang sebelumnya di lakukan Lurah Namodale adalah sebuah Inovasi Pelayanan Publik yang di tuangkan dalam Surat Keputusan Lurah Namodale dengan nomor : 17/KEP/KND/2021, tentang sistim Pelayanan Admimistrasi (SERASI)

Dalam Surat Keputusan Tersebut Lurah  meluncurkan  pelayanan Publik secara Online lewat media Whats app yang meliputi
1. Layanan Permohonan Pengantar (LAPOR) Akta Kelahiran;
2. Layanan Permohonan Pengantar (LAPOR) Akta Kematian;
3. Layanan Permohonan Pengantar (LAPOR) Nikah; dan
4. Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online (LAPOR) Kelurahan.
Dalam Point ketiga dijelaskan pula
Pemohon wajib mengirimkan data-data yang diperlukan sebagai persyaratan permohonan layanan sebagaimana dimaksud seperti di atas berupa
1. Layanan Permohonan Pengantar (LAPOR) Akta Kelahiran:
foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik Ayah Kandung; foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik Ibu Kandung; foto surat keterangan kelahiran dari rumah sakit/bidan praktek/puskesmas; foto Kartu Keluarga; foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik Saksi sebanyak 2 (dua) orang dengan usia 21 (dua puluh satu) tahun ke atas atau sudah menikah; nomor Hand Phone pemohon; dan foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik pemohon (bila pemohon bukan orang tua bayi/dikuasakan kepada orang lain).

2. Layanan Permohonan Pengantar (LAPOR) Akta Kematian: foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang meninggal; foto Kartu Keluarga yang meninggal; foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik Saksi sebanyak 2 (dua) orang dengan usia 21 (dua puluh satu) tahun ke atas atau sudah menikah; nomor HandPhone pemohon; dan foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik pemohon (bila pemohon bukan ahli waris).

3.Layanan Permohonan Pengantar (LAPOR) Nikah: foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik calon pengantin laki-laki dan perempuan; foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik ayah dan ibu calon pengantin laki-laki dan perempuan; foto Kartu Keluarga calon pengantin laki-laki dan perempuan; apabila Kartu Keluarga calon pengantin terpisah dengan orang tua, maka ditambah foto Kartu Keluarga orang tua; foto akta kelahiran calon pengantin laki-laki dan perempuan; nomor Hand Phone pemohon;
tanggal, waktu dan tempat pernikahan; dan apabila status dalam pernikahan Cerai mati, ditambah foto akta kematian suami/isteri, bila cerai hidup ditambah foto akta perceraian.

4.Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online (LAPOR) Kelurahan: foto Kartu Tanda Penduduk Elektronik pelapor/pengadu; nomor HandPhone pelapor/pengadu; dan alasan/uraian aspirasi/pengaduan.

Layanan secara online melalui media whatsapp ini dapat disampaikan kepada petugas layanan melalui nomor layanan: Bernadus Dami, S.E (Nomor WhatsApp: 0823 4141 3335) untuk Layanan Permohonan Pengantar (LAPOR) Akta Kelahiran;
Ruth F. Daud, S.H (Nomor WhatsApp: 0813 5398 9750) untuk Layanan Permohonan Pengantar (LAPOR) Akta Kematian;
Matheos Tungga (Nomor WhatsApp: 0821 4409 7208) untuk Layanan Permohonan Pengantar (LAPOR) Nikah;
Frans Ndun, S.H (Nomor WhatsApp: 0811 3947 578) untuk Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online (LAPOR) Kelurahan.(PN.01)

Pos terkait