Polsek Lobalain Kolaborasi dengan Koramil 1627-01 Ba’a dan Remaja Masjid siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2022.

  • Whatsapp

ROTE NDAO-PENA NTT, Tinggal dua hari lagi Umat Kristiani merayakan Natal 25  desember 2021, dan seluruh masyarakat Rote Ndao siap sambut Tahun Baru 1 januari 2022

Perayaan Nataru (Natal dan Tahun Baru) saat Pandemi covid-19 tentu berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Dimasa pandemi covid-19 sekarang ini tentunya ada rambu-rambu yang harus kita patuhi bersama.

Bacaan Lainnya

Kapolsek Lobalain I Gede Putu Parwata,S.H. ketika diminta tanggapan selasa 21/12/2021 lewat Pesan whats app terkait Persiapan hadapi Nataru mengatakan, Perayaan nataru di masa pandemi covid-19 harus kita lalui bersama dengan aturan yang lebih ketat demi ketertiban dan kesehatan kita bersama.

Saya selaku kapolsek Lobalain akan  berkolaborasi dengan Koramil 1627-01 Ba’a serta remaja masjid All-Ikhwan Ba’a untuk mengamankan kegiatan ibadah natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di  wilayah kecamatan Lobalain.

Seluruh personil Polsek Lobalain disebar di setiap gereja yang ada di wilayah lobalain untuk melaksanakan pengamanan kegiatan ibadah tersebut.  Tidak di pungkiri  rasio jumlah anggota Polsek Lobalain  dengan jumlah gereja Yang ada  di Lobalain tidak seimbang, oleh karena itu , Polsek Lobalain siap berkolaborasi dengan Koramil 1627-01 Ba’a serta remaja masjid kecamatan Lobalain dan di back up polres Rote Ndao untuk bersama sama mengamankan kegiatan ibadah natal dan Tahun Baru 2022 dengan tujuan  untuk meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan bersama.

Masih menurut Gede, untuk teknis di lapangan, anggota yang beragama Kristen tetap gunakan Pakian dinas dan ibadah di gereja masing masing sekaligus menjalankan tugas pengamanan.

Sedangkan jumlah personil yang diterjunkan dalam pengaman kegiatan nataru kali ini adalah :
– Polsek Lobalain sebanyak 22 personil yang terbagi menjadi dua regu, satu regu pengamanan tempat ibadah dan satu regu stand by mapolsek,
– anggota Koramil 1627-01 Ba’a sebanyak 10 personil yang akan berjaga ditempat ibadah sekaligus melaksanakan kegiatan ibadah  yang tidak terkover personil Polsek,
– remaja masjid sebanyak 25 orang yang akan dikolaborasikan dengan personil Polsek dan Koramil ba’a.
Dan selebihnya akan di back up anggota polres Rote Ndao.

“Kami optimis dengan kolaborasi ini kami mampu mengamankan kegiatan ibadah natal dan Tahun baru di Lobalain agar masyarakat yang melaksanakan ibadah merasa nyaman” Ucap Kapolsek mantan anggota Reskrim Sumba Timur ini.

Gede pun mengharapkan kerjasama dan dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama menciptakan suasana nyaman dan damai dalam setiap rangkaian pelaksanaan ibadah natal dan perayaan Tahun Baru tersebut.

Kapolsek yang low Profile inipun berharap agar warga di kecamatan Lobalain tetap mematuhi prokes covid-19  dalam kegiatan ibadah dan perayaan Tahun Baru, dan ada beberapa himbauan untuk wajib dilaksanakan oleh warga lobalain di antaranya,
1.  tetap taati prokes, apapun kegiatan dan alasannya,
2. Laksanakan ibadah bersama keluarga cukup dirumah saja demi kesehatan bersama,
3. Perayaan tutup tahun hendaknyalah dipergunakan untuk instropeksi diri masing-masing dengan berkumpul bersama keluarga tercinta, bukan mabuk mabukan dipinggir jalan dan membuat kegaduhan.
4. Jangan terlalu berlebihan dalam perayaan tutup tahun sehingga kenyamanan bersama bisa terwujud,
5. Terkhusus bagi anak anak muda agar bisa mengontrol ego dan emosional dalam perayaan Nataru agar tidak terjadi kegaduhan,
6. Tunjukkanlah wujud ketaqwaan, kesabaran dan kecintaan kita kepada Rote Ndao dimasa pandemi covid-19 ini dengan menjadi teladan yang baik untuk diri pribadi masing-masing.

Danramil 1627-01 baa, Kapten Inf. Horiyanto ketika diminta tanggapannya lewat Telepon seluler 23/12/2021  menjelaskan bahwa Keamanan  dan ketertiban dalam pelaksanaan Natal dan tahun Baru tidak semata-mata hanya kolaborasi Koramli Polsek dan Remas akan tetapi dimulai dari individu untuk menciptakan keamanan dan ketertiban kami Koramil 1627-01/Baa dan Polsek Lobalain berkomitmen untuk terus menerus menghimbau untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan Natal dan Tahun baru sehingga masayarakat dapat melaksanakan ibadah dan perayaan Natal serta Tahun baru dengan tenang

Kami tidak lupa selalu mengingatkan setiap melaksanakan kegiatan ibadah dan perayaan natal dan tahun baru selalu melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih berada di sekeliling kita. Tentunya tidak lepas dari itu juga agar selalu menjaga Imun dengan berolahraga minum vitamin dan pola hidup sehat

Teknis pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru sudah di sampaikan oleh Kapolsek Lobalain mari kita sama-sama melaksanakan tugas ini dengan berani, tulus dan ikhlas demi keamanan dan ketertiban kita bersama

Di tempat terpisah Ketua Remas Masjid All-Ikwan Ba’a, Umar Faruk ketika di minta tanggapannya lewat telepon seluler 23/12/2021, mengatakan bahwa, Remas All-Ikhwan siap bwrkolaborasi dengan Pihak Polsek dan Koramil untuk mengamankan perayaan ibadah natal umat Kristiani dan perayaan Tahun Baru Khusunya di wilayah Kota Ba’a.

Ini sudah menjadi agenda Rutin kami sebagai bentuk toleransi dan saling menghormati ibadah agama lain, dan menjaga ketertiban dan Keamanan bersama masyarakat Rote Ndao, Khususnya Lobalain, Pungkas Umar.

Tak Lupa Polsek Lobalain dan Bayangkari Ranting Lobalain, Koramil 1627-01 baa, dan Persit Kartika Candra Kirana 1627-01 serta Remaja Masjid All-Ikhwan Baa, Mengucapkan Selamat Merayakan Natal 25/12/2021 bagi Umat Kristiani di Rote Ndao dan Tahun Baru 2022 bagi warga Rote Ndao, Tuhan memberkati kita  selalu.(SJK/PN.01).

Pos terkait