Ratusan Jamaah Kecamatan Rote Timur Melaksanakan Sholat Idul Adha di Halaman Mesjid Al-Muhajirin Papela.

ROTE NDAO-PENA NTT, Jemaah kecamatan Rote Timur Kab. Rote Ndao memadati Halaman Mesjid Al-Muhajirin Papela  untuk melaksanakan salat Idul adha,  yang dilaksanakan pada Minggu, 10/7/2022. Pelaksanaan sholat Idul Adha ini berdasarkan hasil rapat Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Imam dan Pengurus Mesjid Al-Muhajirin

Berdasarkan pantauan Media Pennantt.com pukul 06.00 WITA, para jemaah bergantian masuk ke lokasi sholat ied. Mereka akan melaksanakan salat di Halaman depan Mesjid Al-Muhajirin Papela.

Jemaah laki-laki menempati area paling depan. Sedangkan jemaah perempuan memadati belakang sesuai dengan yang sudah diatur oleh Panitia petugas Syaf. Mereka membawa tikar dan sejadah sendiri untuk melaksanakan Ibadah Sholat Idul Adha.

Sebelumnya, Menteri Agama RI telah menetapkan bahwa Hari Raya Iduladha atau 10 Zulhijah 1443 Hijriah akan jatuh pada Sabtu (10/7).

Sholat dilaksanakan tepat pukul 06.30 WITA yang dipimpin oleh Imam Faran Harabiti dan Khotib Syamsudin Kawali keduanya adalah  pemuda anak asli Papela yang bersekolah di pesantren wilayah Jawa Timur.

Dalam khutbahnya Syam mengajak kepada para jamaah untuk mensyukuri nikmat Allah dan memahami apa arti sejarah dari Hari Raya Idul Adha atau hari Raya kurban yang mana pada saat ini juga di seluluh penjuru dunia sedang melaksanakannya. Akhir khutbah Khotib mengajak kepada seluruh jamaah untuk bermunajab kepada Allah SWT memohon doa kepadanya.

Setelah selesai Sholat ied para jamaah berbondong-bondong menuju ke tempat Pemakaman Muslim di Desa papela untuk berziarah sebagaimana biasanya setiap kali selesai melakukan sholat ied.

Daging Kurban, buat umat dan kaum duafa

Kegiatan selanjutnya masih dalam pantauan media dalam Hari Raya Idul Adha ini dilaksanakan pemotongan hewan kurban yang dilaksanakn oleh panitia kurban di ketiga Mesjid yang ada di Desa Papela Kec. Rote Timur Kab. Rote Ndao yaitu Mesjid Al-Muhajirin, Mesjid Al-Bahri dan Mesjid Al-Mujahidin serta ada juga perwakilan dari Yayasan-Yayasan antara lain Yayasan Ruang Baik, Yayasan Mal Muamalat, Yayasan Laznas BSM dan Yayasan Ternaknesia yang daging untuk diberikan kepada para jamaah.

Adapun jumlah hewan kurban yang dilaksanakan oleh panitia kurban ketiga mesjid yaitu 1. sapi 17 Ekor yang disumbang oleh Pemda dan Dinas Peternakan Kab. Rote Ndao, Yayasan Dompet Dhuafa, Yayasan Akbir, Cv. Faran Jaya dan para donatur kurban Wajib. 2 Kambing 25 ekor, Domba/biri-biri 23 ekor sedangkan jumlah hewan kurban yang dilasanakan oleh Panitia Kurban perwakilan dari yayasan-yayasan yaitu Sapi 11 ekor, Kambing 14 ekor dan Domba/biri-biri 45 ekor.

Ibrahim H. Ardanai Sekretaris Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Rote Timur yang ditemui media mengatakan sangat berterima kasih kepada Pemda Rote Ndao dan  para Yayasan-yayasan yang sudah menyumbang begitu banyak hewan demi Jamaah di Kecamatan Rote Timur dan semoga apa yang telah diberikan akan mendapat balasan rejiki yang setimpal oleh Allah Tuhan yang maha Kuasa.(Amril/PN.O1)

Related posts